Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Pemkot Pekanbaru Jadikan Taman Pusat Kuliner dan UMKM

Foto : ANTARA/HO-Pemkot Pekanbaru

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Edward Riansyah ketika meninjau salah satu proyek di daerah itu.

A   A   A   Pengaturan Font

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru Provinsi Riau menata ulang Taman Labuai di Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di samping Gedung Purna MTQ menjadi pusat kuliner dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Edward Riansyahdi Pekanbaru, Kamis, menyebutkan saat ini penataan kawasan Taman Labuai sudah tahap pembongkaran gerbang. Nantinya disiapkan tenant bagi pelaku UMKM.

"Penataannya dilakukan sambil berjalan, memang tak langsung. Sekarang sudah mulai pembongkaran gerbangnya. Harapan kita, Desember sudah selesai penataannya," kata Edu, sapaan akrabnya.

Ia menyampaikan penataan ini juga dilakukan guna mengembalikan fungsi Taman Labuai sebagai taman kota. Lalu ada UMKM sehingga, para pengunjung bisa menikmati berbagai kuliner.

"Intinya pesan dari Pak Pj Wali Kota, bagaimana mengembalikan fungsi dari Taman Labuai yang lama menjadi pusat kuliner dan tempat berkumpulnya masyarakat," tuturnya.

Taman tersebut sejak beberapa tahun ini terlihat sepi dan tak ada pelaku usaha yang berjualan. Padahal dulunya merupakan pusat kuliner di Pekanbaru dan masyarakat banyak berkumpul di sana.

Saat ini Pemkot Pekanbaru tengah mencoba meningkatkan geliat UMKM di daerah setempat. Selain taman itu, bekas Kantor Wakil Wali Kota Pekanbaru di Jalan Arifin Achmad juga akan dibuat menjadi Sentra UMKM.

Ditargetkan, renovasi kantor yang sebelumnya ditempati Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) itu telah tuntas pada Desember 2023. Bagian dalam gedung bakal dibongkar dan dibangun tenant untuk pelaku UMKM di bawah naungan Dekranasda termasuk pusat oleh-oleh Pekanbaru.

"Setelah selesai direnovasi akan difungsikan untuk Pusat UMKM, produksi, workshop UMKM. Harapan Pak Pj Wali Kota, ini akan jadi pusat oleh-oleh Pekanbaru yang dikelola oleh Dekranasda," ucapnya.

Redaktur : -
Penulis : Antara, Alfred

Komentar

Komentar
()

Top