Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Pemberdayaan Masyarakat, Agro Expo UMKM Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat

Foto : ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Bone Bolango

Bupati Bone Bolango Merlan Uloli (kanan) Menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) program Readsi di Desa Monano, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

A   A   A   Pengaturan Font

Bone Bolango - Pemberdayaan masyarakat, Plt Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli menyebut kegiatan Agro Expo UMKM di Desa Monano, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat.

"Saya menilai Agro Expo ini sebagai bentuk inovasi dan pengembangan sumber daya lokal menjadi berbagai produk industri kecil menengah," ucap Merlan Uloli pada kegiatan itu, Sabtu.

Merlan memberikan apresiasi kepada mahasiswa Universitas Ichsan (Unisan) Gorontalo, Fakultas Pertanian, melalui program Merdeka Belajar yang telah menghasilkan berbagai produk UMKM dan Teknologi Tepat Guna (TTG), serta menguatkan program ketahanan pangan di Desa Monano.

Kegiatan itu kata Bupati, sebagai penguatan ketahanan pangan desa dengan berkolaborasi bersama perguruan tinggi dalam hal ini Universitas Ichsan Gorontalo melalui Kuliah Kerja Nyata Tematik.

Ia mengungkapkan pengembangan UMKM memiliki peran sentral dalam memajukan perekonomian lokal. Apalagi wilayah Desa Monano yang berada pada jalur mobilisasi utama pantai selatan memiliki potensi besar untuk menyediakan berbagai macam produk unggulan bagi masyarakat yang akan masuk maupun keluar dari Provinsi Gorontalo.

"Pengembangan UMKM tidak hanya menciptakan lapangan kerja, tetapi juga menjadi sumber inovasi, keberlanjutan, dan inklusi sosial. Oleh karena itu, dibutuhkan kolaborasi yang mutual antara desa dengan perguruan tinggi," kata Merlan, yang juga Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Bone Bolango itu.

Bupati menyampaikan bahwa pemerintah daerah senantiasa berupaya untuk memberikan ruang-ruang publik bagi desa dan pelaku UMKM agar dapat terus berdaya dan dikenal luas oleh masyarakat.

"Mudah-mudahan produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM di Desa Monano dapat dibawa keluar daerah dan menjadi oleh-oleh khas Kabupaten Bone Bolango melalui kolaborasi bersama perguruan tinggi," harap Merlan.

Pada kesempatan itu, Bupati perempuan pertama di Bone Bolango tersebut, menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) program Readsi guna mendorong kemandirian pangan Desa Monano. Serta meresmikan program Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) tahun 2022/2023 di desa setempat.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top