Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Olahraga 20 Menit Setelah Alami Sulit Tidur Bisa Tingkatkan Kekuatan Otak

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Tidur yang nyenyak dan olahraga teratur sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik. Sebuah penelitian menemukan bahwa olahraga ringan selama 20 menit setelah kurang tidur dapat meningkatkan kekuatan otak.

Para peneliti dari University of Portsmouth mengevaluasi bagaimana tidur, tingkat oksigen dan olahraga mempengaruhi kemampuan kognitif seseorang, kapasitas pikiran untuk melakukan tugas-tugas. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physiology and Behaviour ini menunjukkan bahwa olahraga dengan intensitas sedang dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif seseorang terlepas dari kurang tidur dan tingkat oksigen.

"Kita tahu dari penelitian yang sudah ada bahwa olahraga dapat meningkatkan atau mempertahankan kinerja kognitif kita, bahkan ketika kadar oksigen berkurang. Namun ini adalah penelitian pertama yang menunjukkan bahwa olahraga juga meningkatkan kinerja kognitif setelah kurang tidur baik secara penuh maupun parsial, dan ketika dikombinasikan dengan hipoksia (tingkat oksigen yang tidak mencukupi)," kata Joe Costello, penulis koresponden penelitian ini, dikutip dari Medical Daily, Jumat (1/12).

"Temuan ini secara signifikan menambah apa yang kita ketahui tentang hubungan antara olahraga dan pemicu stres ini dan membantu memperkuat pesan bahwa gerakan adalah obat bagi tubuh dan otak," tambah Costello.

Tim melakukan dua percobaan, masing-masing melibatkan 12 peserta. Pada tes awal, para peneliti mengevaluasi bagaimana kurang tidur parsial memengaruhi kinerja kognitif seseorang. Dalam uji coba ini, para partisipan hanya diperbolehkan tidur selama lima jam setiap malam selama tiga hari.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top