Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki di Luar Ruangan untuk Kesehatan

Foto : Istimewa

Ilustrasi

A   A   A   Pengaturan Font

Berjalan tanpa alas kaki di luar ruangan biasanya disebut sebagai "grounding" atau "earthing" karena kontak fisik tubuh dengan bumi. Ada beberapa bukti bahwa membumikan tanah mungkin memiliki beberapa manfaat, termasuk sifat anti-inflamasi.

Nyatanya, berjalan tanpa alas kaki saat ini tengah menjadi kebiasaan beberapa selebritis luar negeri, baik untuk kesehatan atau hanya rasa kenyamanan seperti Cate Blanchett, Jacob Elordi, Shawn Mendes, Chris Pine, dan yang terbaru adalah Kacey Musgraves yang berjalan tanpa alas kaki-bahkan di depan umum.

Dilansir dari Eating Well, penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Inflammation Research yang mengamati 20 studi kasus menyimpulkan bahwa kontak langsung dengan Bumi dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh cedera.

Penelitian kecil lainnya pada tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Environmental and Public Health menyimpulkan bahwa berjalan tanpa alas kaki dapat membantu mengurangi peradangan, menghilangkan stres dan bahkan mengurangi beberapa risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini diduga disebabkan oleh transfer elektron bumi dari tanah ke dalam tubuh, tetapi ini hanyalah teori yang didukung oleh penulis kedua studi tersebut.

Meskipun konsep "membumikan" dengan berjalan tanpa alas kaki terdengar menjanjikan, penelitiannya sangat terbatas. Selain itu, berjalan kaki secara umum, baik bersepatu atau tanpa sepatu telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi, menghilangkan stres, dan dapat membantu menurunkan tekanan darah.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top