Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Kemenhub Uji Petik Kelaiklautan Kapal Angkutan Lebaran

Foto : ANTARA/Firman

Kasubdit Kepelautan Direktorat Perkapalan dan Kepelautan, Capt Maltus J. Kapistrano saat memimpin uji petik KM Dharma Kartika II milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (15/3/2024).

A   A   A   Pengaturan Font

BANJARMASIN - Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menguji petik kelaiklautan kapal penumpang angkutan Lebaran 2024 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Ada dua kapal yang kami lakukan pemeriksaan, yakni KM Dharma Kartika II dan KM Mila Utama yang sandar di Pelabuhan Trisakti," kata Kasubdit Kepelautan Direktorat Perkapalan dan Kepelautan, Capt Maltus J. Kapistrano di Banjarmasin, Jumat (15/3).

Saat pemeriksaan, Tim Marine Inspectordari Direktur Jenderal Perkapalan dan Kepelautan bersama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin serta sejumlah unsur pemeriksa lain memeriksa beberapa alat keselamatan kapal termasuk pencegahan pencemaran dan pengawakan kapal.

Kemudian sertifikat dan dokumen di atas kapal termasuk status hukum kapal juga tak luput dari pemeriksaan.

Maltus mengatakan pelaksanaan uji petik tersebut sebagai tindak lanjut instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut tentang Pelaksanaan uji kelaiklautan kapal penumpang untuk angkutan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah atau 2024.

Diharapkan Maltus, kapal yang telah melewati pengujian bisa beroperasi dengan baik sehingga dapat memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi penumpang.

Sementara Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama (DLU) Kantor Cabang Banjarmasin Anton Wahyudi yang menyambut kedatangan tim pemeriksa saat berada di KM Dharma Kartika II menyampaikan terima kasih atas segala atensi yang diberikan Kemenhub.

"Tentunya kami berupaya untuk terus memberikan jaminan keamanan, keselamatan dan kenyamanan penumpang dengan menyiapkan armada kapal secara prima untuk laik laut," tutur Anton.


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top