Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Jubir Bantah Kelompok Houthi Janjikan Keamanan Kapal Berbendera Tiongkok

Foto : ANTARA/Desca Lidya Natalia

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Mao Ning berbicara kepada media di Beijing, Tiongkok, pada 19 Januari 2023.

A   A   A   Pengaturan Font

Beijing - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri TiongkokMao Ning mengatakan pihaknya tidak mengetahui soal janji keamanan dari kelompok militan YamanHouthi bagi kapal-kapal berbendera Tiongkok yang melewati Laut Merah.

"Saya tidak mengetahui situasi tersebut," kata Mao Ning kepada media di Beijing, Tiongkok, pada Jumat.

Sebelumnya diberitakan, banyak kapal barang yang melewati Laut Merah memasanglambang Tiongkok atau tulisan "seluruh kru berasal dari Tiongkok" untuk menunjukkan bahwa mereka memiliki hubungan dengan Tiongkok guna menghindari serangan Houthi.

Kelompok bersenjata itu telah menargetkan serangan ke kapal-kapal komersial yang diduga memiliki hubungan dengan Israel.

"Mengenai situasi di Laut Merah. Saya ingin menegaskan kembali bahwa Laut Merah merupakan jalur perdagangan internasional yang penting untuk angkutan barang dan energi. Tiongkok menyerukan penghentian serangan terhadap kapal-kapal sipil untuk menjaga rantai industri dan pasokan global agar tidak terhambat dan menjaga tatanan perdagangan internasional," kata Mao Ning.

Pada saat yang sama, peningkatan ketegangan di Laut Merah dan peningkatan risiko keamanan di seluruh wilayah harus dihindari. katanya.

"Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi juga menekankan bahwa ketegangan di Laut Merah merupakan wujud nyata dari meluasnya konflik di Gaza. Prioritas saat ini adalah mengakhiri pertempuran di Gaza sesegera mungkin untuk menghindari eskalasi lebih lanjut dan mencegah situasi menjadi tidak terkendali," kataMao NIng.

Kelompok Houthi yang didukung Iran mengatakan serangan mereka dilakukan untuk menekan Israel agar menghentikan agresi militer di Jalur Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 24.285 warga Palestina sejak 7 Oktober 2023.

Amerika Serikat dan Inggris baru-baru ini melancarkan serangan terhadap target-target milik Houthi di Yaman sebagai balasan atas serangan kelompok tersebut. Situasi itu menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya krisis baru dan gangguan terhadap rantai pasokan.

Laut Merah merupakan salah satu jalur laut tersibuk di dunia untuk pengiriman minyak dan bahan bakar.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top