Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Jet Tempur KF-21 Berpotensi Besar Ditempatkan di Garis Depan AU Korsel

Foto : YONHAP News

Jet Tempur KF-21

A   A   A   Pengaturan Font

SEOUL - Jet tempur supersonik canggih buatan Korea Selatan, KF-21 Boramae, diprediksi akan ditempatkan di Pangkalan Angkatan Udara Gangneung dan digunakan untuk melakukan tanggapan awal jika terjadi keadaan darurat.

Menurut otoritas militer Korea Selatan, pihak Angkatan Udara sedang mempertimbangkan KF-21 yang akan beroperasi pada tahun 2026 yang akan ditempatkan di garis depan termasuk Pangkalan Angkatan Udara Gangneung.

"Pangkalan Angkatan Udara Gangneung saat ini digunakan sebagai pangkalan F-5 yang memiliki kemampuan lepas landas dan tanggapan udara yang cepat meskipun merupakan model lama. Sejumlah pesawat KF-21 Blok-1 dijadwalkan akan ditempatkan dengan kondisi yang dilengkapi dengan senjata udara ke udara kecuali udara ke darat," lapor kantor berita KBS pada Kamis (16/50.

Jika dialokasikan di Gangneung, maka salah satu pangkalan garis depan Angkatan Udara akan ditugaskan untuk misi udara-ke-udara, dimana KF-21 diharapkan dapat memainkan peran awal dalam menanggapi provokasi udara yang dilakukan oleh Korea Utara.

Pesawat KF-21 yang merupakan jet tempur pertama buatan Korea Selatan ini, mulai dikembangkan pada tahun 2016 dan berhasil melakukan penerbangan pertamanya pada 19 Juli 2022.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Ilham Sudrajat, Berbagai Sumber

Komentar

Komentar
()

Top