Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Transisi Energi

Investor Asing Incar Peluang di Industri Teknologi Tinggi Tiongkok

Foto : Sumber: China NBS - afp
A   A   A   Pengaturan Font

HEFEI - Sejak awal 2024, pabrik MEB Volkswagen Anhui di Kota Hefei, Ibu Kota Provinsi Anhui, Tiongkok timur, telah beroperasi dengan kapasitas penuh untuk memproduksi kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) untuk pasar Eropa.

Di pabrik yang canggih itu, sekitar 1.000 robot ditugaskan untuk melakukan berbagai tugas dan kendaraan berpemandu otomatis mengangkut material secara teratur. Pada saat yang sama, CT industri melakukan analisis kualitas yang sangat efisien dalam waktu nyata (real time).

Dengan investasi lebih dari 30 miliar yuan (1 yuan = Rp2.166) atau sekitar 4,22 miliar dollar AS (1 dollar AS = Rp15.585), Volkswagen telah membangun sentra baru di Hefei yang mencakup seluruh rantai nilai mulai dari penelitian dan pengembangan (litbang) hingga manufaktur, penjualan, serta layanan NEV, dengan 1.200 personel litbang.

Dikutip dari Antara, seiring dengan percepatan pengembangan sistem industri modern dan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) di Tiongkok, semakin banyak perusahaan seperti Volkswagen yang memprioritaskan investasinya di industri berteknologi tinggi dan mencari peluang bisnis baru.

Pada 2023, investasi asing langsung (foreign direct investment/FDI) aktual Tiongkok, yang tetap berada pada level tertinggi dalam sejarah, mencapai lebih dari 1,13 triliun yuan, menurut Kementerian Perdagangan Tiongkok.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : andes
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top