Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Gawat Semoga Tidak Disalahgunakan, Bawaslu Kabupaten Blitar Temukan Sejumlah Surat Suara Rusak

Foto : ANTARA/ HO-Bawaslu Kabupaten Blitar

Petugas menunjukkan surat suara rusak saat proses sortir dan pelipatan surat suara di KPU Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

A   A   A   Pengaturan Font

Blitar - Gawat semoga tidak disalahgunakan, Badan Pengawas PemiluKabupaten Blitar, Jawa Timur, menemukan sejumlah surat suara yang rusak saat proses sortir dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024 di gudang KPU setempat.

Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Nur Ida Fitria mengemukakan pihaknya melakukan pengawasan secara langsung proses sortir serta pelipatan surat suara untuk memastikan surat suara yang dimanfaatkan warga pemilih nantinya tidak rusak.

"Kami di jajaran pengawas pemilu melakukan pengawasan secara langsung dan melekat dalam proses sortir dan lipat surat suara untuk Pemilu Tahun 2024. Hingga kini, ada tujuh lembar surat suara yang rusak. Kebanyakan karena robek," kata Nur Ida Fitria di Blitar, Selasa.

Ia mengatakan pihaknya memang melakukan pengawasan proses sortir dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024 yang dilakukan di gudang KPU Kabupaten Blitar. Proses sortir dan lipat surat suara ini untuk DPRD Kabupaten Blitar wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) I Kabupaten Blitar.

Ia mengatakan, proses sortir dan pelipatan surat suara adalah proses yang cukup krusial karena surat suara ini nantinya akan didistribusikan ke setiap TPS dan diberikan kepada masing-masih pemilih saat pemilu berlangsung, sehingga kondisinya pun harus terjaga.

Untuk surat suara yang mengalami kerusakan langsung disingkirkan dan dikumpulkan dengan surat suara lainnya yang juga mengalami kerusakan. Nantinya, juga akan dikumpulkan dengan seluruh surat suara baik dari Pemilu Presiden, calon legislatif dari DPR RI hingga daerah, maupun calon anggota DPD.

"Penting dalam proses sortir lipat ini untuk memastikan bahwa surat suara yang akan terdistribusi ini tidak dalam kondisi rusak," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santoso mengatakan untuk saat ini adalah hari pertama proses sortir dan pelipatan surat suara. Dalam proses sortir dan pelipatan surat suara tersebut, melibatkan 52 orang tenaga sortir lipat. Jumlah itu dibagi menjadi 14 kelompok.

Ia mengatakan pihaknya menambahkan selama proses tersebut, petugas sortir lipat juga harus melalui standar operasional prosedur (SOP) saat memasuki ruangan, termasuk dikawal petugas kepolisian.

"Jadwal sortir lipat untuk surat suara DPRD Kabupaten Blitar kami jadwalkan tanggal 26-31 Desember 2023. Pelaksanaannya siang-malam, kecuali tanggal 27 Desember 2023, karena halaman kantor akan kami gunakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara," katanya.

Ia menambahkan, jumlah surat suara yang diterima oleh KPU Kabupaten Blitar yakni surat suara Pemilu 2024 untuk DPRD Kabupaten Blitar daerah pilihan I adalah 174.097 lembar, daerah pilihan II adalah 157.371 lembar, dan daerah pilihan IV adalah 200.607 sehingga totalnya adalah 532.075 lembar.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top