Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Dampak Tewasnya Prigozhin bagi Pemerintah Rusia dan Nasib Perang di Ukraina

Foto : The Conversation/Shutterstock/Danila2332

Pemimpin kelompok paramiliter Wagner Group, Yevgeny Prigozhin, tewas dalam kecelakaan pesawat.

A   A   A   Pengaturan Font

Kematian Kepala Grup Wagner Prigozhin meninggalkan teka-teki tentang apa yang akan terjadi setelah itu.

Jonathan Jordan, Indonesian Institute of Advanced International Studies (INADIS)

Tanggal 23 Agustus 2023, dunia dikejutkan dengan kabar tewasnya pemilik kelompok paramiliter Wagner Group, Yevgeny Prigozhin, dan pendiri Wagner Group itu sendiri, Dmitry "Wagner" Utkin dalam kecelakaan pesawat di Tver, setengah jalan antara Moskow dan St. Petersburg, Rusia. Tewasnya Prigozhin dan Utkin baru dikonfirmasi beberapa hari kemudian setelah jenazah mereka diidentifikasi.

Kematian mereka terjadi dua bulan setelah pemberontakan yang dilancarkan Prigozhin terhadap Kementerian Pertahanan Rusia. Prigozhin sempat menyalahkan Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia, Sergei Shoigu, dan Kepala Staf AB Rusia, Valery Gerasimov, atas kegagalan militer Rusia di Ukraina.

Berakhir tragisnya sepak terjang Prigozhin menambah panjang sejarah pemberontakan-pemberontakan gagal di Rusia, mulai dari pemberontakan Stenka Razin (1667-1671), pemberontakan Pugachev (1773-1775), pemberontakan Desembris (1825), hingga Revolusi Rusia pertama (1905-1907).

Penyebab kecelakaan pesawat tersebut masih menjadi misteri. Diyakini ada dalang besar di baliknya. Namun, terlepas dari siapa sebenarnya dalang pembunuhan Prigozhin, kematiannya akan berdampak serius pada perkembangan perang di Ukraina dan politik domestik Rusia sendiri.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : -
Penulis : -

Komentar

Komentar
()

Top