Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Cuaca Dingin Ekstrem Tiongkok Utara

Foto : AFP

Cuaca Dingin | beberapa warga di Kota Shenyang, Provinsi Liaoning, di Tiongkok timur laut, diselimuti salju beku saat berada di luar ruangan pada Rabu (20/12). Saat ini cuaca ekstrem yang amat dingin dan mencapai rekor terendah tengah melanda kota-kota di Tiongkok di seblah utara.

A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING - Suhu udara di kota-kota di Tiongkok utara pada Rabu (20/12) mencapai rekor terendah, ketika pihak berwenang mengeluarkan peringatan akan terjadinya cuaca dingin ekstrem di sebagian besar wilayah negara tersebut.

Kantor cuaca nasional mengatakan suhu di bawah nol mencapai rekor tertinggi di lima stasiun di provinsi dan wilayah Shanxi, Hebei, dan Mongolia Dalam pada Rabu dini hari. Suhu tersebut termasuk penurunan hingga minus 33,2 derajat Celsius di kota bersejarah Datong di Shanxi dan minus 27 Celsius di daerah terdekat, Yangqu.

"Di daerah-daerah tersebut, rekor suhu terendah sepanjang masa telah dipecahkan pada 17 Desember lalu," kata kantor cuaca dalam sebuah unggahan di media sosial.

Atas terjadinya cuaca ekstrem tersebut, pihak berwenang Tiongkok pada Rabu mengeluarkan peringatan tiga hari untuk suhu rendah di wilayah luas di Tiongkok utara, timur dan tenggara.

Cuaca dingin yang brutal terjadi setelah musim panas yang mencapai rekor panas dan banjir dahsyat di bagian utara Tiongkok. Para ahli memperingatkan bahwa pemanasan global yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca membuat cuaca ekstrem lebih mungkin terjadi. SB/AFP/I-1


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top