Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

BMKG Prediksi Musim Hujan di Banten Terjadi pada November 2023

Foto : ANTAR/Asep Fathulrahman/rwa

Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membaca thermometer pengukur suhu udara di Laboratorium terbuka BMKG Banten di Serang, Senin (2/10).

A   A   A   Pengaturan Font

SERANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan di wilayah Provinsi Banten mulai terjadi pada November 2023, namun tidak terjadi secara serentak.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang, Tatang Rusmana, di Serang, Banten, Kamis, mengatakan, berdasarkan kajian BMKG musim hujan baru akan turun pada Dasarian I November 2023 dan ada juga yang baru turun hujan di awal dasarian Desember 2023.

"Setiap daerah berbeda-beda musim penghujannya, maka untuk awal musim penghujan di Provinsi Banten tidak akan terjadi secara serentak," katanya.

Menurutnya, hal tersebut karena keragaman iklim yang terjadi akibat El Nino sehingga membuat wilayah-wilayah di Banten tidak serentak memasuki musim penghujan.

"Untuk curah hujan yang akan terjadi diprediksi berbeda dari tahun lalu, karena terganggu oleh fenomena El Nino sehingga curah hujannya akan berada di bawah normal dengan adanya kenaikan suhu," katanya.

Tatang menjelaskan kenaikan suhu muka laut di wilayah Samudera Pasifik bagian Timur, yang mempengaruhi penurunan suhu muka laut di wilayah Indonesia, sehingga curah hujan berkurang. Akibatnya, musim hujan datang secara umum mengalami kemunduran dari normal.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : -
Penulis : Antara, Opik

Komentar

Komentar
()

Top