Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Bawaslu Pasaman Barat siagakan 1.286 pengawas TPS pemilu

Foto : Antara/Altas Maulana

Ketua Bawaslu Pasaman Barat Wanhar (tengah) bersama KPU, Polres Pasaman Barat dan TNI saat melepas pendistribusian logistik ke kecamatan. Pihaknya juga menyiagakan 1.276 orang pengawas TPS.

A   A   A   Pengaturan Font

Simpang Empat - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat(Sumbar) menyiagakan 1.286 orang pengawas tempat pemungutan suara (TPS) yang siap mengawasi pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari.

"Pengawas TPS ini menjadi garda terdepan dan ujung tombak pengawasan pemungutan dan penghitungan suara nanti. Mudah-mudahan petugas yang terpilih benar-benar mengawasi untuk kesuksesan Pemilu," kata Ketua Bawaslu Pasaman Barat Wanhar di Simpang Empat, Minggu.
Ia mengatakan pengawas TPS ini nantinya akan bertugas di 11 Kecamatan dan 90 Nagari atau desa se Pasaman Barat.
"Jumlah TPS ada 1.286 dan akan ditempatkan satu orang pengawas TPS," katanya.
Dirinya juga menambahkan para petugas pengawas tempat pemungutan suara juga diharapkan bisa netral dalam Pemilu 2024 ini.
"Tugas pengawasan ini tidak ringan, tetap semangat mengawal demokrasi, bersikap profesional dan penuh tanggung jawab. Jika ada kendala, segera koordinasi dengan pihak terkait sesuai aturan," katanya.
Selain itu petugas juga ikut mengawasi saat masa tenang. Mereka diminta untuk memantau seluruh kegiatan pasangan calon presiden, calon wakil presiden maupun calon legislatif yang hendak maju dalam Pemilu 2024 ini.
Ia menambahkan pengawas TPS nantinya memiliki wewenang dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengawas, seperti menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran, kesalahan dan/atau penyimpangan, administrasi pemungutan dan penghitungan suara
Setiap dugaan pelanggaran yang ditemukan tersebut dibuatkan berita acaranya yang dilengkapi dengan bukti, sehingga nantinya dapat diproses sesuai dengan aturan yang berlaku.
Jumlah TPS yang di Pasaman Barat ada 1.286 dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 296.294 jiwa dengan laki-laki 147.599 jiwa dan perempuan 148.655 jiwa. Tersebar di 11 kecamatan dan 90 nagari atau desa.

Redaktur : -
Penulis : Antara, Arif

Komentar

Komentar
()

Top