Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

AS-Tiongkok Sepakat Wujudkan Pertemuan Xi Jinping-Joe Biden Bulan Depan

Foto : JT/Kementerian Luar Negeri Tiongkok

Wang Yi (kiri), anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok dan Menteri Luar Negeri Tiongkok, berjabat tangan dengan Presiden AS Joe Biden di Washington, DC, AS, 27 Oktober 2023.

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Amerika Serikat dan Tiongkok pada Jumat (27/10) sepakat untuk berupaya mengadakan pertemuan antara para pemimpin kedua negara bulan depan, setelah Presiden Joe Biden bertemu dengan Menlu Wang Yi di Gedung Putih.

Biden mengundang Xi Jinping ke San Francisco untuk menghadiri KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) pada bulan November saat hubungan kedua negara sedang tegang. Xi belum memastikan kedatangannya.

Setelah Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi mengadakan pembicaraan dengan Biden dan pejabat senior AS lainnya di Washington, Gedung Putih mengatakan kedua negara sepakat untuk mempertahankan "diplomasi tingkat tinggi" dalam upaya memperlancar hubungan.

Kedua belah pihak "menegaskan kembali" mereka "bekerja sama menuju pertemuan antara Presiden Biden dan Presiden Xi Jinping di San Francisco pada November," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Seorang pejabat senior pemerintahan mengatakan Gedung Putih menyerahkannya kepada Beijing untuk mengonfirmasi kedatangan Xi, namun "kami sedang membuat persiapan untuk pertemuan semacam itu."
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top