Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

AS Jatuhkan Sanksi ke Puluhan Orang di Seluruh Dunia terkait Pelanggaran HAM

Foto : CNA/Reuters/Evelyn Hockstein

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bertemu dengan para pemimpin hak asasi manusia di Departemen Luar Negeri di Washington, AS, 7 Desember 2023.

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Amerika Serikat pada Jumat (8/12) menjatuhkan sanksi terhadap puluhan orang terkait pelanggaran hak asasi manusia, termasuk pejabat Iran yang dituduh terlibat dalam penargetan pejabat AS, menjelang Hari Hak Asasi Manusia (HAM) yang jatuh pada hari Minggu 10 Desember.

Departemen Keuangan dan Departemen Luar Negeri AS memberlakukan sanksi dan pembatasan visa terhadap 37 orang di 13 negara, kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken dalam sebuah pernyataan, dalam tindakan yang dikoordinasikan dengan Inggris dan Kanada.

Selama setahun terakhir, Departemen Keuangan AS telah memberikan sanksi kepada lebih dari 150 individu dan entitas di banyak negara, membekukan aset mereka di AS, karena masalah yang berkaitan dengan pelanggaran HAM. Warga Amerika yang melakukan transaksi tertentu dengan mereka juga berisiko terkena sanksi.

Dua perwira intelijen Iran yang merekrut orang-orang untuk operasi AS terdaftar, kata Departemen Keuangan dalam sebuah pernyataan. Misi mereka termasuk penargetan mematikan terhadap pejabat dan mantan pejabat pemerintah AS sebagai balas dendam atas pembunuhan Komandan Pasukan Quds Qassem Soleimani pada 2020.

Para petugas tersebut, Majid Dastjani Farahani dan Mohammad Mahdi Khanpour Ardestani, juga merekrut orang-orang untuk kegiatan pengawasan yang berfokus pada situs keagamaan, bisnis, dan fasilitas lainnya di Amerika Serikat, kata Departemen Keuangan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : CNA

Komentar

Komentar
()

Top