Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Kebijakan Pemerintah

AS Akan Tuntut TikTok Atas Pelanggaran Privasi Anak-anak

Foto : AFP/GREG BAKER

Dua warga berjalan melewati iklan TikTok, di Stasiun Kereta Api Zhengzhou, Provinsi Henan, Tiongkok, beberapa waktu lalu. Departemen Kehakiman AS bersiap untuk mengajukan gugatan perlindungan konsumen terhadap TikTok atas nama Komisi Perdagangan Federal.

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS), tengah mempersiapkan untuk mengajukan gugatan perlindungan konsumen terhadap TikTok milik ByteDance pada akhir tahun 2024 atas nama Komisi Perdagangan Federal atau Federal Trade Commission (FTC).

Bloomberg News melaporkan pada Kamis (20/6), departemen itu tidak akan mengajukan tuduhan bahwa TikTok menyesatkan konsumen AS mengenai keamanan data mereka dalam gugatan yang akan datang, namun sebaliknya akan menuntut perusahaan tersebut atas pelanggaran privasi anak-anak, mengutip orang-orang yang mengetahui keputusan tersebut.

"Mereka berencana untuk membatalkan satu bagian dari pengaduan tersebut, yang mengklaim bahwa TikTok menipu konsumen AS dengan tidak memberi tahu mereka bahwa karyawan perusahaan induknya yang berbasis di Tiongkok akan memiliki akses ke informasi pribadi dan keuangan mereka," bunyi laporan tersebut.

Awal pekan ini, Reuters melaporkan FTC telah mengajukan keluhan kepada departemen tersebut terhadap TikTok dan induknya atas potensi pelanggaran privasi anak-anak.

Secara terpisah, TikTok dan ByteDance pada tanggal 20 Juni mendesak pengadilan AS untuk membatalkan undang-undang yang mereka katakan akan melarang aplikasi video pendek populer tersebut di Amerika Serikat pada 19 Januari 2025.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top