Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

AS akan Bertindak jika Tiongkok Menjual Barang Murah ke Pasar Global

Foto : Istimewa

AS paling mengkhawatirkan sektor manufaktur maju, dan khususnya sektor energi ramah lingkungan seperti kendaraan listrik

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Washington baru-baru ini memperingatkan Beijing bahwa Amerika Serikat dan sekutunya akan mengambil tindakan jika Tiongkok mencoba meringankan masalah kelebihan kapasitas industri dengan menjual barang murah ke pasar internasional.

Dikutip dari Financial Times, dua pejabat senior Departemen Keuangan mengatakan bahwa delegasi AS menyampaikan kekhawatirannya dengan jelas dalam kunjungannya baru-baru ini ke Tiongkok, termasuk dalam percakapan dengan He Lifeng, wakil perdana menteri yang bertanggung jawab atas perekonomian Tiongkok.

"Kami khawatir bahwa kebijakan dukungan industri Tiongkok dan kebijakan makro yang lebih fokus pada pasokan daripada memikirkan dari mana permintaan akan berasal, keduanya mengarah pada situasi kelebihan kapasitas di Tiongkok, pada akhirnya akan berdampak pada pasar dunia," kata wakil menteri luar negeri AS, Jay Shambaugh, yang baru-baru ini memimpin tim ekonomi ke Beijing.

AS sangat mengkhawatirkan sektor manufaktur maju, dan khususnya sektor energi ramah lingkungan seperti kendaraan listrik, panel surya, dan baterai litium-ion.

Shambaugh mengatakan, dia telah menekankan bahwa bukan hanya AS yang khawatir dan bahwa Tiongkok tidak boleh melihat respons AS atau negara lain sebagai tindakan yang "tiba-tiba".
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Selocahyo Basoeki Utomo S
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top