Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Anggota Baru NATO Ini Akan Tandatangani Pakta Pertahanan dengan AS

Foto : AFP/Getty Image/Olivier Matthys

Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto (kiri) berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di Brussels pada April 2023. Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg berdiri di antara mereka.

A   A   A   Pengaturan Font

HELSINKI - Anggota terbaru NATO, Finlandia, yang berbatasan dengan Rusia, akan menandatangani perjanjian kerja sama pertahanan bilateral dengan Amerika Serikat minggu depan dalam kesepakatan yang memungkinkan Washington mengirim pasukan ke negara Nordik tersebut untuk meningkatkan pertahanan dan menyimpan senjata dan peralatan militer di sana.

Dikutip dari Associated Press, Menteri Luar Negeri Finlandia Elina Valtonen mengatakan pada konferensi pers di Helsinki pada Kamis (14/12), Menteri Pertahanan Antti Häkkänen akan menandatangani apa yang disebut Perjanjian Kerja Sama Pertahanan, atau DCA, di Washington pada Senin, 18 Desember.

Pakta tersebut, yang masih harus disetujui oleh anggota parlemen Finlandia, "sangat penting bagi pertahanan dan keamanan Finlandia," kata Häkkänen, seraya menekankan bahwa kesepakatan tersebut mengikat kedua belah pihak secara hukum.

"Ini membawa pesan yang sangat kuat saat ini. Amerika Serikat berkomitmen terhadap pertahanan kami juga dalam situasi yang sulit," kata Häkkänen kepada wartawan.

Finlandia bergabung dengan NATO pada bulan April setelah puluhan tahun mengalami ketidaksejajaran militer sebagai akibat langsung dari serangan Rusia terhadap Ukraina yang dimulai pada Februari 2022. Negara berpenduduk 5,6 juta jiwa ini berbagi perbatasan sepanjang 1.340 km dengan Rusia yang merupakan bagian signifikan dari sisi timur laut NATO dan bertindak sebagai perbatasan luar Uni Eropa di utara.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Lili Lestari

Komentar

Komentar
()

Top