Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

1% Orang Terkaya di Dunia Hasilkan Emisi Karbon Lebih Banyak Dibandingkan 66% Penduduk Miskin

Foto : AFP/Getty Images/BELGA MAG

Aktivis iklim Extinction Rebellion menggelar aksi protes terhadap jet pribadi di ExecuJet Aviation Group di Zaventem, dekat Bandara Brussels, Senin 13 Februari 2023.

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON -Satu persen penduduk terkaya di dunia bertanggung jawab atas jumlah emisi karbon yang sama dengan dua pertiga penduduk termiskin di dunia, atau lima miliar orang, menurut analisis yang diterbitkan organisasi nirlaba Oxfam International, Minggu (19/11).

Meski memerangi krisis iklim merupakan tantangan bersama, tidak semua orang memiliki tanggung jawab yang sama, dan kebijakan pemerintah harus disesuaikan, kata Max Lawson, salah satu penulis laporan tersebut, kepada AFP.

"Semakin kaya Anda, semakin mudah untuk mengurangi emisi pribadi dan investasi Anda," katanya."Anda tidak memerlukan mobil ketiga, atau liburan keempat, atau Anda tidak perlu berinvestasi di industri semen."

Laporan "Kesetaraan Iklim: Planet untuk 99%", didasarkan pada penelitian yang dikumpulkan oleh Stockholm Environment Institute (SEI) dan meneliti emisi konsumsi yang terkait dengan kelompok pendapatan berbeda hingga 2019.

Laporan ini diterbitkan ketika para pemimpin dunia bersiap untuk bertemu dalam pembicaraan iklim pada KTT COP28 di Dubai akhir bulan ini.Kekhawatiran semakin meningkat bahwa membatasi pemanasan jangka panjang hingga 1,5 derajat Celcius akan menjadi mustahil untuk dicapai.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top