Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Yoga Dapat Meningkatkan Kognitif bagi Wanita Lansia yang Berisiko Alzheimer

Foto : Istimewa

Ilustrasi

A   A   A   Pengaturan Font

Sebuah studi menunjukkan bahwa olahraga yoga dapat membantu meningkatkan kognisi dan daya ingat pada wanita lanjut usia yang berisiko terkena penyakit Alzheimer. Penelitian terbaru dari Universitas California Los Angeles (UCLA) menemukan bahwa yoga dapat memulihkan jalur saraf, mencegah penurunan materi otak, dan membalikkan biomarker terkait penuaan dan peradangan, peningkatan yang tidak terlihat pada kelompok yang menerima latihan memori standar.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Translational Psychiatry ini merupakan yang terbaru dari serangkaian penelitian yang dilakukan oleh para peneliti UCLA Health selama 15 tahun terakhir untuk membandingkan efek yoga dan latihan peningkatan daya ingat tradisional dalam memperlambat penurunan kognitif dan mengatasi faktor risiko demensia lainnya.

Dipimpin oleh psikiater UCLA Health, Dr Helen Lavretsky dari Jane and Terry Semel Institute for Neuroscience and Human Behavior, penelitian terbaru ini berusaha untuk menentukan apakah yoga dapat digunakan sejak dini untuk mencegah penurunan kognitif dan perjalanan penyakit Alzheimer di kalangan wanita pascamenopause.

Wanita memiliki sekitar dua kali risiko terkena penyakit Alzheimer dibandingkan dengan pria karena beberapa faktor termasuk harapan hidup yang lebih panjang, perubahan kadar estrogen selama menopause dan genetika.

Dalam studi baru ini, sekelompok lebih dari 60 wanita berusia 50 tahun ke atas yang memiliki masalah ingatan yang dilaporkan sendiri dan faktor risiko serebrovaskular direkrut dari klinik kardiologi UCLA. Para wanita tersebut dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama berpartisipasi dalam sesi yoga mingguan selama 12 minggu, sementara satu kelompok lainnya menjalani pelatihan peningkatan daya ingat mingguan selama periode waktu yang sama. Para peserta juga diberikan tugas pekerjaan rumah harian.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top