Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Xi Jinping Kunjungi Vietnam dalam Upaya Menangkal Pengaruh AS

Foto : ANTARA/Xinhua/Xie Huanchi

Presiden Tiongkok Xi Jinping.

A   A   A   Pengaturan Font

HANOI - Presiden Tiongkok Xi Jinping akan mengunjungi Vietnam pada Selasa (12/12), pertama kalinya dalam enam tahun. Kunjungan ini untuk melawan pengaruh Amerika Serikat yang semakin besar terhadap negara komunis tersebut.

Xi akan bertemu dengan pemimpin Partai Komunis yang berkuasa di Vietnam, Nguyen Phu Trong, setelah partai tersebut meningkatkan hubungan diplomatiknya dengan Washington ketika Presiden AS Joe Biden berkunjung pada bulan September.

Kunjungan Biden adalah bagian dari upaya AS di seluruh dunia untuk membendung meningkatnya kekuatan ekonomi Tiongkok - dan untuk mengamankan pasokan bahan-bahan penting yang dibutuhkan bagi manufaktur berteknologi tinggi.

Vietnamtelah lama menerapkan pendekatan "diplomasi bambu", berupaya menjaga hubungan baik dengan kedua negara.

Negara ini mempunyai kekhawatiran yang sama dengan AS mengenai meningkatnya ketegasan Beijing di Laut Tiongkok Selatan yang disengketakan. Namun negara ini juga mempunyai hubungan ekonomi yang erat dengan Tiongkok. Kedua negara mempunyai partai komunis yang berkuasa.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top