Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Tips Pilih Sepatu Ala Pakar Ortopedi, Cegah Benjolan Bunion pada Wanita

Foto : Pixabay

Ilustrasi

A   A   A   Pengaturan Font

Dokter spesialis bedah ortopedi konsultan kaki dan engkel Astuti Pitarini membeberkan sejumlah tips untuk memilih sepatu yang tepat. Sebab, pemilihan sepatu yang tepat baik untuk kesehatan kaki, salah satunya mencegah terjadinya bunion.

Menurut Mayo Clinic, bunion menjadi salah satu masalah kaki umum pada wanita berupa benjolan di bagian sendi pangkal ibu jari kaki. Penyebab ini terjadi akibat beberapa tulang di bagian depan kaki keluar dari tempatnya sehingga ujung jempol kaki tertarik ke arah jari kaki yang lebih kecil dan memaksa sendi di pangkal jempol kaki menonjol keluar.

"Kalau bentuk, pilihlah yang toe box-nya lebar, tidak lancip, tidak meruncing. Kalau hak (bertumit tinggi atau high heels), biasanya kurang dari 2,5 cm masih saya rekomendasikan karena tidak membuat otot betis menjadi kaku," katanya di Jakarta, dikutip dari Antara, Kamis (23/2).

Astuti yang berpraktik di Jakarta Knee & Shoulder Orthopedic Sport Centre (JKOSC) RS Pondok Indah Pondok Indah itu mengatakan, orang-orang juga sebaiknya memilih bahan sepatu yang memungkinkan kaki dapat bernapas atau breathable.

"Pilih bahan sepatu yang kaki bisa bernapas. Biasanya kalau mau beli sepatu ada penjelasannya, material apa bisa membuat kaki lebih bernapas atau tidak," ucapnya.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top