Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Tiongkok Sediakan Jaringan Internet dengan Kecepatan 1,2 Terabit Per Detik

Foto : istimewa

Kecepatan jaringan ini beberapa kali lebih cepat dibandingkan kecepatan umum di seluruh dunia.

A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING - Huawei Technologies dan China Mobile baru-baru ini dilaporkan telah membangun jaringan internet sepanjang 3.000 kilometer yang menghubungkan Beijing ke selatan, disebut-sebut oleh negara tersebut sebagai terobosan teknologi terbaru.

Dikutip dari The Straits Times, kedua perusahaan tersebut bekerja sama dengan Universitas Tsinghua dan penyedia penelitian Cernet.com untuk membangun apa yang mereka klaim sebagai jaringan internet pertama di dunia yang mencapai bandwidth "stabil dan andal" sebesar 1,2 terabit per detik, beberapa kali lebih cepat dibandingkan kecepatan di dunia pada umumnya.

"Uji coba dimulai pada 31 Juli dan sejak itu telah lulus berbagai tes untuk memverifikasi pencapaian tersebut," kata universitas tersebut dalam sebuah pernyataan.

Universitas Tsinghua, almamater Presiden Tiongkok, Xi Jinping, menjadikan proyek ini sebagai proyek pertama di industri yang seluruhnya dibangun berdasarkan teknologi dalam negeri, dan memuji Huawei dalam pernyataannya.

Perusahaan Tiongkok tersebut pada Agustus membuat heboh ketika merilis ponsel pintar 5G dengan prosesor canggih buatan Tiongkok, sehingga menginspirasi perayaan di negara Tiongkok dan media sosial. Peristiwa ini juga memicu perdebatan di Washington mengenai apakah pemerintahan Biden sudah bertindak cukup jauh dalam upayanya membendung pencapaian teknologi Tiongkok.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top