Kawal Pemilu Nasional Mondial Polkam Ekonomi Daerah Megapolitan Olahraga Otomotif Rona Telko Properti The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis Liputan Khusus
Perkembangan Teknologi I Diklaim Mampu Melampaui Kinerja Generasi Sebelumnya

Tiongkok Diam-diam Meluncurkan Superkomputer Terkuat di Dunia

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Dibandingkan dengan Tianhe-2, superkomputer baru ini dapat memberikan kinerja dua kali lipat.

GUANGZHOU - Tiongkok baru-baru ini secara diam-diam telah meluncurkan superkomputer Tianhe-3, yang diyakini sebagai mesin paling kuat yang ada saat ini.

Dikutip dari Techradar Pro, mesin tersebut, yang dibuat untuk Pusat Superkomputer Nasional di Guangzhou, diselimuti kerahasiaan sehingga memicu banyak spekulasi.

Tianhe-3, juga dikenal sebagai "Xingyi," dianggap sebagai lompatan maju yang signifikan dalam teknologi superkomputer, berpotensi melampaui kemampuan superkomputer "El Capitan" yang akan diluncurman oleh Hewlett Packard Enterprise dan AMD untuk Lawrence Livermore National Laboratory.

Pada bulan November 2023, TheNextPlatform menjalankan analisis peringkat superkomputer Top500 yang menunjukkan bahwa Tianhe-3 dapat memiliki kinerja puncak 2,05 exaflops dan kinerja berkelanjutan sebesar 1,57 exaflops pada LINPACK Kinerja Tinggi. "Ini, akan menjadikannya mesin paling kuat yang pernah dirakit di Bumi," kata situs tersebut.

Tianhe-3 adalah yang terbaru dari serangkaian superkomputer yang dibangun oleh Universitas Teknologi Pertahanan Nasional di Tiongkok. Pendahulunya, Tianhe-1 dan Tianhe-2, juga memberikan dampak signifikan pada dunia superkomputer, dengan Tianhe-2 masih berada di peringkat 30 superkomputer teratas bahkan setelah beberapa tahun beroperasi.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : andes
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top