Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Tiongkok dan Filipina Sepakat Atasi Konflik di LTS

Foto : Antara/Central Intelligence Agency via Wikipedia

"Sembilan Garis Putus-putus" (berwarna hijau) yang menandakan klaim Republik Rakyat China di Laut China Selatan, berdasarkan peta yang dibuat CIA pada 1988.

A   A   A   Pengaturan Font

ISTANBUL - Tiongkok dan Filipina pada Kamis (18/1) sepakat untuk meningkatkan komunikasi maritim dan mengatasi konflik melalui diskusi bersahabat mengenai isu Laut Tiongkok Selatan (LTS).

Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok, Nong Rong dan Wakil Menteri Luar Negeri Filipina, Theresa Lazaro membahas situasi tersebut pada pertemuan kedelapan mekanisme konsultasi bilateral tentang Laut Tiongkok Selatan di Shanghai.

Seperti dikutip dari Antara, kedua pihak sepakat untuk lebih meningkatkan mekanisme komunikasi terkait laut, terus mengelola konflik dan perbedaan terkait laut dengan baik melalui konsultasi bersahabat dan menangani keadaan darurat maritim, menurut Kementerian Luar Negeri Tiongkok dalam sebuah pernyataan.

Kedua pejabat tersebut meyakini "menjaga komunikasi dan dialog itu penting untuk memelihara kedamaian dan stabilitas maritim," menurut kementerian.

Konfrontasi terbaru di perairan Laut Tiongkok Selatan telah meningkatkan ketegangan kedua negara.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top