Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Stabilitas Moneter I Kurs Rupiah terhadap Dollar AS Ditutup Melemah pada Jumat

The Fed Berhati-hati sebelum Turunkan Suku Bunga

Foto : ISTIMEWA

CHRISTOPHER WALLER Gubernur The Fed - Saya masih memperkirakan akan tepat pada tahun ini untuk mulai melakukan pelonggaran kebijakan moneter.

A   A   A   Pengaturan Font

Kenaikan inflasi konsumen pada bulan Januari telah menghidupkan kembali kekhawatiran perjuangan melawan inflasi belum berakhir.

WASHINGTON - Tiga pejabat Federal Reserve, pada hari Kamis (22/2), menyerukan kesabaran terhadap penurunan suku bunga. Salah satu dari mereka menyatakan mereka ingin melihat setidaknya beberapa bulan lagi data inflasi sebelum memutuskan kapan akan mulai menurunkan suku bunga.

"Saya masih memperkirakan akan tepat pada tahun ini untuk mulai melakukan pelonggaran kebijakan moneter, namun awal dari pelonggaran kebijakan dan jumlah penurunan suku bunga akan bergantung pada data yang masuk," ujar Gubernur the Fed, Christopher Waller, pada konferensi di Minneapolis.

Dikutip dari Yahoo News, setelah menaikkan suku bunga ke level tertinggi dalam 23 tahun untuk mengatasi inflasi yang tidak terkendali, bank sentral AS ini dalam beberapa bulan terakhir telah mempertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk mulai melonggarkan kebijakan moneter.

Hal ini karena inflasi telah turun tajam dari level tertinggi dalam beberapa dekade, meskipun masih berada di atas target jangka panjang the Fed, sebesar dua persen.

Kenaikan inflasi konsumen pada bulan Januari telah menghidupkan kembali kekhawatiran bahwa perjuangan melawan inflasi belum berakhir, dan bahwa jalan menuju penurunan inflasi sebesar dua persen akan memakan waktu lama dan berliku.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top