Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Terobosan Baru, Ilmuwan Temukan Cara Membuat Listrik dari Udara Tipis

Foto : Newsweek/Derek Loveley/Ella Maru Studio/Universita

Listrik dapat dipanen dari udara menggunakan perangkat yang terbuat dari hampir semua bahan, hanya membutuhkan bahan yang diberi titik-titik nanopori dengan diameter kurang dari 100nm.

A   A   A   Pengaturan Font

Para ilmuwan telah menemukan cara menggunakan nanopori untuk menghasilkan listrik dari udara tipis. 

JAKARTA - Para peneliti di University of Massachusetts Amherst telah menemukan cara untuk menghasilkan listrik dengan memanen uap air di udara.

Menurut sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Advanced Materials yang dikutip Newsweek, listrik dapat dipanen dari udara menggunakan perangkat yang terbuat dari hampir semua bahan, hanya membutuhkan bahan yang diberi titik-titik nanopori dengan diameter kurang dari 100 nanometer (nm) atau 0,000004 inci.

"Ini sangat menarik," kata Xiaomeng Liu, penulis utama makalah tersebut dalam sebuah pernyataan. "Kami membuka pintu lebar untuk memanen listrik bersih dari udara tipis."

Liu adalah seorang mahasiswa pascasarjana di bidang teknik listrik dan komputer di UMass Amherst's College of Engineering.

Para penulis menggambarkan bagaimana muatan listrik yang melekat pada molekul air di udara dapat dipanen menggunakan nanopori kecil ini, yang lebih kecil dari seperseribu lebar rambut manusia.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Lili Lestari

Komentar

Komentar
()

Top