Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Sempat Hebohkan Australia, Peretas Asal Rusia Ini Dijatuhi Hukuman dan Sanksi

Foto : ABC News

Pria Rusia bernama Aleksandr Ermakov dijatuhi sanksi terkait serangan siber Medibank.

A   A   A   Pengaturan Font

SYDNEY - Peretas anonim melakukan salah satu pelanggaran data terburuk di Australia pada November 2022, mencuri catatan medis sensitif dari salah satu perusahaan asuransi kesehatan swasta terbesar di negara itu.

Di antara 9,7 juta pelanggan yang terkena dampak serangan siber tingkat tinggi ini adalah Perdana Menteri Australia Anthony Albanese.

Badan intelijen Australia telah lama mencurigai peretas kriminal Rusia berada di balik pelanggaran tersebut, yang sebelumnya dikaitkan dengan kolektif REvil yang terkenal kejam.

Setelah melakukan penyelidikan selama 18 bulan, Australia kini mengambil langkah menyebutkan nama individu yang diyakini bertanggung jawab atas kejahatan itu, Aleksandr Gennadievich Ermakov.

"Ini pertama kalinya pemerintah Australia mengidentifikasi penjahat dunia maya dan menjatuhkan sanksi dunia maya semacam ini dan ini bukan yang terakhir," kata Menteri Dalam Negeri Clare O'Neil kepada wartawan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top