Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Sekjen PBB 'Sangat Prihatin' atas Meluasnya Konflik di Myanmar

Foto : AFP

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

A   A   A   Pengaturan Font

NEW YORK - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan pada Rabu (15/11), ia "sangat prihatin" atas meluasnya konflik di Myanmar yang dipicu oleh serangan yang dilancarkan kelompok bersenjata etnis minoritas bulan lalu.

Guterres "sangat prihatin dengan meluasnya konflik" di sebagian besar negara yang menurut PBB telah menyebabkan lebih dari 200.000 orang mengungsi, kata juru bicara Stephane Dujarric dalam sebuah pernyataan.

Pertempuran berkecamuk sejak 27 Oktober setelah Tentara Aliansi Demokratik Nasional Myanmar (MNDAA), Tentara Pembebasan Nasional Ta'ang (TNLA) dan Tentara Arakan (AA) melancarkan serangan terhadap militer di dekat perbatasan utara dengan Tiongkok.

Minggu ini, AA melancarkan serangan baru terhadap militer di negara bagian Rakhine barat, sementara pejuang anti-junta di negara bagian Kayah di perbatasan Thailand memerangi militer di dekat ibu kota negara bagian, Loikaw.

Setidaknya 75 warga sipil termasuk anak-anak tewas dan 94 orang terluka dalam pertempuran itu, menurut Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB, mengutip laporan awal dari lapangan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top