Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Saudi: 1.301 Jemaah Haji Meninggal di Tanah Suci, Sebagian Tak Berizin

Foto : AFP/Fadel Senna

Jemaah haji melakukan ritual melempar jumrah di bawah terik matahari di Mina, Arab Saudi, salah satu dari rangkaian ibadah haji tahunan pada 16 Juni 2024.

A   A   A   Pengaturan Font

RIYADH - Arab Saudi mengatakan pada hari Minggu (23/6), lebih dari 1.300 jemaah meninggal selama ibadah haji yang berlangsung saat cuaca sangat panas. Sebagian besar korban meninggal tidak memiliki izin resmi.

"Sayangnya, jumlah kematian mencapai 1.301, 83 persen di antaranya tidak sah untuk menunaikan ibadah haji dan berjalan jauh di bawah sinar matahari langsung, tanpa tempat berlindung atau kenyamanan yang memadai," lapor kantor berita resmi Saudi Press Agency.

Penghitungan AFP pekan lalu, berdasarkan pernyataan resmi dan laporan dari diplomat yang terlibat dalam respons negara mereka, menyebutkan jumlah korban jiwa lebih dari 1.100 orang.

Korban meninggal berasal dari lebih dari 10 negara, dari Amerika Serikat hingga Indonesia, dan beberapa negara terus memperbarui jumlah totalnya.

Para diplomat Arab mengatakan kepada AFP pekan lalu bahwa warga Mesir menyumbang 658 kasus kematian - 630 di antaranya adalah jemaah tidak terdaftar.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top