Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Rupiah Menguat Mengikuti Pergerakan Positif Indeks Saham Asia

Foto : ANTARA/RENO ESNIR

Petugas perbankan menunjukkan uang dolar AS dan uang rupiah, Jakarta, Selasa (31/1/2023).

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat mengikuti penguatan nilai tukar mata uangregional dan pergerakan positif indeks saham Asia pagi ini.

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa (22/8) pagi menguat 0,03 persen atau 5 poin menjadi Rp15.320 per dolar AS dari sebelumnya Rp15.325 per dolar AS.

"Secara keseluruhan, tekanan dolar AS terhadap rupiah tinggi karena tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS terus naik," ujar pengamat pasar uang Ariston Tjendra di Jakarta, Selasa (22/8).

Tingkat imbal hasil 10 tahun justru naik ke level yang belum pernah disentuh sejak 2007. Kenaikan yield AS ini dinilai berkaitan dengan ekspektasi pasar, bahwa The Fed mungkin masih mempertahankan suku bunga tinggi AS karena data inflasi AS yang belum menyentuh target 2 persen.

"Oleh karena itu, rupiah mungkin dibuka menguat, tapi bisa berakhir melemah karena faktor yield AS tersebut," ungkap Ariston.

Dia memperkirakan potensi pelemahan rupiah ke arah Rp15.350 per dolar AS dengan potensi support di kisaran Rp15.280 per dolar AS.
???????
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top