Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Roket Starship SpaceX Meledak pada Uji Terbang Pertama

Foto : Istimewa

Sesaat sebelum meledak. Starship bersama roket Super Heavy adalah wahana paling besar yang pernah dibuat untuk mengirim astronot ke bulan, Mars, atau lebih jauh.

A   A   A   Pengaturan Font

Waduh sayang gagal mengangkasa seperti yang diprogramkan, roket Starship SpaceX meledak pada uji terbang pertama.

BOCA CHICA - Perusahaan luar angkasa milik Elon Musk, SpaceX, pada Kamis (20/4), meluncurkan wahana luar angkasa generasi terbaru, Starship dengan roket Super Heavy, tetapi uji terbang perdana tanpa awak itu berakhir setelah roket dengan meledak di langit beberapa menit kemudian.

Dikutip dari The Straits Times, sementara roket dua tahap yang membawa Starship gagal mencapai ketinggian 32 kilometer, pejabat menyambut baik hasil itu sebagai bagian dari penerbangan uji untuk meluncurkan kendaraan ruang angkasa baru.

"Selamat kepada @SpaceX atas uji terbang terintegrasi pertama Starship! Setiap pencapaian besar sepanjang sejarah menuntut beberapa tingkat risiko yang diperhitungkan, karena dengan risiko besar, datanglah imbalan yang besar. Menantikan semua yang dipelajari SpaceX, untuk uji terbang berikutnya, dan seterusnya," cuit KepalaBadan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau National Aeronautics and Space Administration (NASA), Bill Nelson.

Roket dua tahap, dengan tinggi melebihi Patung Liberty 120 meter, meluncur dari pangkalan antariksa perusahaan di timur Brownsville, Texas, untuk apa yang diharapkan SpaceX, akan menjadi penerbangan debut 90 menit ke luar angkasa.

Siaran langsung SpaceX dari peluncuran menunjukkan roket naik dari menara peluncuran Gulf Coast ke langit di ujung selatan Texas dengan mesin Raptor Super Heavy meraung dalam bola api dan asap yang mengepul bersama uap air.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top