Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Robot SLIM Jepang Berhasil Tiba di Orbit Bulan

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Sebuah pesawat ruang angkasa Jepang baru saja mengambil langkah besar di bulan. Pesawat pendaratan lunak robot SLIM Jepang tiba di orbit bulan pada 25 Desember seperti yang direncanakan.

Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (Japan Aerospace Exploration Agency/JAXA) mengungkapkan, pesawat luar angkasa memasuki orbit bulan pada pukul 16.51 waktu Jepang.

"JAXA dengan senang hati mengumumkan bahwa Smart Lander for Investigating Moon (SLIM) berhasil dimasukkan ke orbit bulan pada pukul 16:51 pada tanggal 25 Desember 2023," tulis pejabat JAXA, dikutip dari Space, Kamis (28/12).

Pesawat ruang angkasa berada di orbit eliptik yang membutuhkan waktu 6,4 jam untuk mengelilingi bulan, datang dalam jarak 373 mil atau setara 600 kilometer dari permukaan bulan di titik terdekatnya dan mencapai 2.485 mil atau setara 4.000 km di tempat terjauh.

Langkah militer menjaga SLIM pada target untuk mencoba touchdown bulan pada 19 Januari. Sukses dalam upaya itu akan menjadi sejarah lantaran sejauh ini hanya empat negara, Uni Soviet, Amerika Serikat (AS), Tiongkok dan India yang telah mendaratkan pesawat lunak.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top