Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Presiden Korsel Peringatkan Rusia Soal Kerja Sama Senjata dengan Korut

Foto : AP/Richard Drew

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol berpidato di sesi ke-78 Majelis Umum PBB, Rabu, 20 September 2023.

A   A   A   Pengaturan Font

PBB - Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol pada Rabu (20/9) menyampaikan peringatan kepada para pemimpin dunia mengenai komunikasi dan kemungkinan kerja sama antara Korea Utara dan Rusia.

Yoon mengatakan tindakan apa pun yang dilakukan oleh anggota tetap Dewan Keamanan PBB untuk menghindari norma-norma internasional akan berbahaya dan "paradoks".

Presiden Korea Selatan merujuk pada kunjungan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ke Rusia, yang merupakan salah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan, badan paling kuat di PBB.

Kim Jong Un bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di timur jauh Rusia.Keduanya mengatakan mungkin akan bekerja sama dalam masalah pertahanan namun tidak memberikan penjelasan spesifik, sehingga membuat Korea Selatan dan sekutunya - termasuk Amerika Serikat - merasa tidak nyaman.

"Adalah sebuah paradoks jika seorang anggota tetap Dewan Keamanan PBB, yang dipercaya sebagai penjaga utama perdamaian dunia, akan berperang dengan menyerang negara berdaulat lain dan menerima senjata dan amunisi dari rezim yang secara terang-terangan melanggar resolusi Dewan Keamanan," kata Yoon di hari kedua pertemuan Majelis Umum PBB, seperti diberitakan Associated Peess. Yoon diharapkan mengangkat masalah ini.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Lili Lestari

Komentar

Komentar
()

Top