Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Potensi Tenaga Angin Lepas Pantai Kroasia Diprediksi Capai 25 GW

Foto : Istimewa

Ilustrasi

A   A   A   Pengaturan Font

Kroasia memiliki potensi untuk memasang pembangkit listrik tenaga angin lepas pantai dengan total 25 GW, menurut Rencana Aksi untuk Sumber Energi Terbarukan di Laut di Kroasia, yang diprakarsai oleh asosiasi Sumber Energi Terbarukan Kroasia (RES Kroasia atau OIEH) dan didanai oleh Bank Eropa untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (EBRD).

Rencana Aksi untuk Sumber Energi Terbarukan di Laut di Kroasia adalah studi pertama dengan pendekatan komprehensif untuk semua segmen penting untuk sumber energi terbarukan di laut. Rencana ini disiapkan oleh Fakultas Teknik Mesin dan Arsitektur Angkatan Laut di Universitas Zagreb, OIKON, Institut Ekologi Terapan dan Gerakan Pulau.

RES Kroasia mengatakan bahwa rencana aksi ini mendefinisikan lokasi-lokasi di Laut Adriatik yang cocok untuk pengembangan ladang angin dan pembangkit listrik tenaga fotovoltaik terapung, dengan mempertimbangkan perlindungan alam dan lingkungan.

Direktur EBRD untuk Eropa Tengah, Victoria Zinchuk mengatakan, potensi lebih dari 25 GW di ladang angin lepas pantai telah diidentifikasi di daerah-daerah yang memiliki dampak lingkungan yang lebih rendah, dan hal ini dapat mengubah Kroasia menjadi pemain penting di Eropa dalam bidang energi terbarukan dalam dekade mendatang. Menurutnya, negara ini harus memanfaatkannya sesegera mungkin.

Sementara itu, Sekretaris Negara Kementerian Ekonomi dan Pembangunan Berkelanjutan, Ivo Milati? menekankan bahwa dalam dua tahun terakhir, persetujuan energi untuk energi terbarukan sebesar 2,5 GW telah dikeluarkan, di mana 70 persen di antaranya adalah tenaga surya.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top