Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Potensi Rumput Laut di Indonesia Sangat Besar Diungkapkan BRIN

Foto : ANTARA/Arnas Padda

Pekerja membersihkan rumput laut sebelum dijemur di salah satu industri di Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin (6/9).

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan Indonesia memiliki potensi besar terkait dengan pengembangan rumput laut, antara lain untuk sektor pangan, kesehatan, kosmetik, dan energi.

Kepala Pusat Riset Oseanografi BRIN Udhi Eko Hernawan mengatakan ada ratusan spesies rumput laut yang hidup di Indonesia, namun pemanfaatanmasih sedikit.

"Rumput laut yang sudah dimanfaatkan untuk budi daya tidak sampai 10 spesies," ujarnya saat ditemui di Gedung BJ Habibie BRIN di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan kendala ilmu pengetahuan dan teknologi membuat komoditas rumput laut kurang populer, baik di kalangan masyarakat maupun industri.

Selain itu, penelitian di bidang eksplorasi rumput laut juga tidak banyak di Indonesia. Kondisi ini berkelindan dengan pemanfaatan rumput laut.

"Dari sisi jumlah ada ratusan dan dari sisi laut tempatnya sangat luas. Artinya, tinggal bagaimana kita menggali pengetahuan dan teknologi untuk bisa dioptimalkan," kata Udhi.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : -
Penulis : Antara, Opik

Komentar

Komentar
()

Top