Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Petani Milenial di Jayapura Didorong Manfaatkan Teknologi

Foto : ANTARA/Ardiles Leloltery

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Jayapura Jean Rollo.

A   A   A   Pengaturan Font

Jayapura - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Jayapura, Papua mendorong generasi muda di daerah itu untuk menjadi petani milenial dengan memanfaatkan teknologi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Jayapura Jean Rollo di Jayapura, Rabu, mengatakan dengan memanfaatkan teknologi petani milenial dapat bekerja lebih produktif, efisien, kreatif dan berinovasi.

"Sektor pertanian masih luas untuk digarap oleh anak muda, keterbatasan lahan dan modal bukan menjadi kendala asalkan memiliki kemauan pasti semua bisa," katanya.

Menurutnya, berdasarkan hasil survei yang dilakukan pihaknya dari 2.000 keluarga tani di Kota Jayapura memperlihatkan rendahnya partisipasi kaum muda baik yang bekerja secara langsung atau membantu orang tua serta pihak lainnya.

"Pada kelompok usia 18-24 tahun partisipasi kaum muda hanya 31 persen dan usia 25-31 tahun hanya 25 persen sementara sisanya petani yang berusia di atas 40 tahun," ujarnya.

Dia menjelaskan petani memang menjadi salah satu pekerja berat sehingga mengurangi minat anak muda terjun langsung ke sawah atau kebun dengan demikian hal ini akan terus berlangsung apabila tidak mengubah sistem pertanian menjadi lebih lebih efisien.

"Dengan menghadirkan pertanian yang efisien dapat mendorong minat dan ketertarikan anak muda untuk menjadi petani," katanya.

Dia menambahkan pihaknya akan terus melakukan pelatihan dan pendampingan aktivitas pertanian serta meningkatkan sumber daya petani agar bisa menjadi lebih baik lagi ke depan.

"Kami juga terus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya petani sebab petani sangat membantu ketersediaan pangan di Kota Jayapura," ujarnya.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top