Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Peningkatan Produktivitas Komoditas Kelapa Berkelanjutan Perlu Didukung

Foto : KORAN JAKARTA/ISTIMEWA

(Ki-ka): Koalisi Ekonomi Membumi Gita Syahrani, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Direktur Utama Amartha Aria Widyanto, dan Senior Program Manager Koalisi Ekonomi Membumi Fito Rahdianto menegaskan komitmen menyediakan edukasi dan literasi keuangan serta akses pembiayaan inklusif bagi para petani kelapa di Indonesia.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) dan Koalisi Ekonomi Membumi (KEM), serta Koalisi Pemerintah Daerah Penghasil Kelapa (Kopek) sepakat mendukung peningkatan produktivitas komoditas kelapa berkelanjutan di Indonesia melalui sistem green financing.

Direktur Utama Amartha Mikro Fintek Aria Widyanto mengungkapkan pihaknya menyambut baik kerja sama dengan LTKL, KEM, dan KOPEK ini. Pihaknya memiliki tujuan sama untuk mendukung peta jalan produksi kelapa berkelanjutan di Indonesia. Sebagai platform keuangan inklusif, dukungan dari Amartha tidak hanya berupa akses keuangan berkelanjutan, namun juga program literasi keuangan dan pendampingan bagi petani kelapa dan pengusaha mikro turunan hasil olahan kelapa di Indonesia, khususnya di wilayah Gorontalo.

"Tujuan kerjasama ini agar para pelaku usaha komoditas kelapa dapat meningkatkan penghasilannya secara berkelanjutan, menciptakan lapangan kerja di desa dan mendorong pertumbuhan ekonomi dari level akar rumput," kata Aria dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/10).

Ia menambahkan, komoditas kelapa merupakan salah satu pangsa pasar terbesar yang menjadikan Indonesia menduduki urutan pertama eksportir kelapa dunia, serta urutan kedua untuk kelapa parut atau kering dan minyak kelapa. Produksi kelapa Indonesia diperkirakan naik dari tahun 2022 hingga 2026. Demikian juga dengan ketersediaan kelapa untuk konsumsi domestik yang diperkirakan mengalami kenaikan selama lima tahun ke depan.

Aria menambahkan, Amartha juga meluncurkan Sustainability Report 2022-2023. Laporan tersebut memuat data mengenai dampak yang diciptakan Amartha berdasarkan perspektif ESG. Berdasarkan laporan tersebut, didapati bahwa para mitra Amartha mengalami peningkatan pendapatan sebesar 70 persen setelah menerima permodalan dari Amartha.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Mohammad Zaki Alatas

Komentar

Komentar
()

Top