Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Pemkab Agam Kembangkan Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka

Foto : Dok. Pemkab Agam
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, Sumatera Barat (Sumbar) akan mengembangkan Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka menjadi sarana edukasi dan tempat pendidikan bagi generasi muda baik langsung maupun tidak langsung.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam (Disdikbud), Isra mengungkapkan, museum akan ditata melalui seminar kajian dan penambahan koleksi menjadi sarana edukasi.

"Di samping ditata melalui seminar dan penambahan koleksi akan dilakukan pemanfaatan koleksi menjadi sarana edukasi. Banyak rekaman ceramah Buya Hamka, ke depan juga kita fokuskan untuk penambahan audio visual pada museum," kata Isra dalam sambutannya membuka kegiatan sosialisasi pemanfaatan museum, dikutip dari laman resmi Pemkab Agam, Rabu (29/11).

Isra menjelaskan, metode audio visual sering digunakan dalam museum untuk meningkatkan pengalaman pengunjung dan mengkomunikasikan informasi secara lebih menarik. Beberapa metode tersebut antara lain video presentasi, audio guide, proyeksi interaktif, pameran virtual, media digital, pemutaran film, hingga penerapan AI (Artificial Intelligence).

"Metode-metode ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih mendalam, menarik, dan terhubung secara emosional kepada pengunjung, membantu mereka memahami dan mengapresiasi informasi budaya yang dipamerkan dalam museum," tambah Isra.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top