Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

NASA Pelajari Robot Humanoid untuk Beroperasi di Luar Angkasa

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

NASA bermitra dengan perusahaan robotika seperti Apptronik yang berbasis di Austin, Texas, untuk mempelajari bagaimana robot humanoid yang dikembangkan untuk tujuan terestrial dapat bermanfaat bagi robot humanoid masa depan yang ditakdirkan untuk ruang angkasa.

Apptronik sedang mengembangkan Apollo, robot humanoid yang tugas-tugasnya di bumi termasuk bekerja di gudang dan pabrik dengan memindahkan paket, menumpuk palet, dan tugas-tugas lain yang berorientasi pada rantai pasokan. Perusahaan ini berencana untuk mulai menyediakan robot humanoid kepada perusahaan pada awal 2025.

Dengan tinggi 6 kaki 2 inci (188 sentimeter) dan berat 300 pon (136 kilogram), robot humanoid NASA, Valkyrie, adalah sosok yang mengesankan. Valkyrie, yang dinamai berdasarkan tokoh perempuan dalam mitologi Norse dan sedang diuji coba di Johnson Space Center di Houston, Texas, dirancang untuk beroperasi di "lingkungan yang terdegradasi atau rusak akibat ulah manusia," seperti daerah yang dilanda bencana alam, demikian menurut NASA. Tapi robot seperti dia juga bisa beroperasi di luar angkasa suatu hari nanti.

Robot humanoid menyerupai manusia, biasanya memiliki badan, kepala, dua lengan dan dua kaki. Para insinyur percaya bahwa dengan perangkat lunak yang tepat, robot humanoid pada akhirnya akan dapat berfungsi seperti manusia dan menggunakan alat dan perlengkapan yang sama.

Ketua Tim Robotika Cekatan NASA, Shaun Azimi mengatakan bahwa robot humanoid di ruang angkasa berpotensi menangani tugas-tugas berisiko seperti membersihkan panel surya atau memeriksa peralatan yang tidak berfungsi di luar pesawat ruang angkasa sehingga para astronot dapat memprioritaskan eksplorasi dan penemuan.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top