Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Menlu RI Bahas Kerja Sama Pembangunan dengan Tiga Negara Pasifik

Foto : (ANTARA/Twitter/@Menlu_RI

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kanan) bertemu dengan Wakil Presiden Palau Uduch Sengabau (kiri) di sela-sela pertemuan "Bali Process" di Adelaide, Australia, pada Jumat (10/2/2023).

A   A   A   Pengaturan Font

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi membahas kerja sama ekonomi dan pembangunan dengan tiga negara Pasifik yaitu Kiribati, Kepulauan Solomon, dan Palau.

JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi membahas kerja sama ekonomi dan pembangunan, dalam pertemuan bilateral yang berlangsung secara terpisah dengan tiga perwakilan negara Pasifik yaitu Kiribati, Kepulauan Solomon, dan Palau.

"Mereka menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Indonesia atas kerja sama dan bantuan yang Indonesia berikan kepada negara-negara Pasifik," kata Retno ketika menyampaikan pemaparan media melalui akun YouTube resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Dalam pertemuan yang berlangsung di sela-sela pertemuan Bali Process di Adelaide, Australia, pada Jumat (10/2), Retno menyampaikan pentingnya Indonesia membuat rencana aksi untuk kerja sama pembangunan yang dirancang khusus dengan masing-masing negara Pasifik tersebut.

"Dan mereka juga sangat menghargai upaya-upaya lain yang dilakukan oleh Indonesia untuk Pasifik antara lain melalui G20 di mana wakil dari Pasifik diundang," tutur Retno.

Selain itu, dibahas pula mengenai upaya Indonesia untuk mendekatkan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dengan Sekretariat Pacific Islands Forum (PIF) melalui penyelenggaraan Aarchipelagic Small Island State Summit, yang direncanakan berlangsungtahun ini.

"Secara khusus Wakil Presiden Palau juga menyampaikan terima kasih atas bantuan Indonesia selama berlangsungnyaOur Ocean Conference di Palau," kata Retno.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top