Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Manfaat Konsumsi Teh Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Foto : Istimewa

Ilustrasi

A   A   A   Pengaturan Font

Sebuah studi terbaru mengungkapkan, secangkir teh hitam setiap hari dapat mempermudah menjaga kadar gula darah yang sehat dan mengurangi risiko terkena diabetes.

Untuk penelitian ini, para peneliti memeriksa data tentang diagnosis diabetes, kadar gula darah, dan tes laboratorium yang menunjukkan seberapa baik tubuh dapat memproses gula untuk 1.923 orang dewasa di Tiongkok yang tidak minum teh sama sekali, atau yang hanya mengonsumsi satu jenis teh seperti teh hijau, teh hitam, atau minuman yang dikenal sebagai teh hitam, yang tidak seperti jenis teh lainnya, mengalami fermentasi mikroba selama pemrosesan.

Secara keseluruhan, orang yang minum teh setiap hari 28 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita diabetes dibandingkan peserta yang tidak minum teh sama sekali, menurut temuan studi yang dipresentasikan pada Pertemuan Tahunan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes (EASD) di Hamburg, Jerman. Peminum teh setiap hari juga 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita pradiabetes, suatu kondisi yang berkembang ketika kadar gula darah sedikit meningkat tetapi tidak cukup tinggi untuk didiagnosis sebagai diabetes.

Ketika para ilmuwan mengamati secara spesifik jenis teh yang diminum orang, mereka menemukan bahwa teh hitam memiliki dampak terbesar terhadap risiko diabetes, mengurangi kemungkinan kondisi ini sebesar 47 persen dan mengurangi kemungkinan pradiabetes sebesar 53 persen.

"Kebiasaan mengonsumsi teh, terutama teh hitam, dikaitkan dengan peningkatan ekskresi glukosa urin dan mengurangi resistensi insulin," kata salah satu penulis studi Tongzhi Wu, MD, PhD, seorang profesor di Adelaide Medical School di Australia, dikutip dari Everyday Health, Kamis (5/10).
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top