Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Logistik Dipersiapkan untuk Hadapi Bencana

Foto : ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

Arsip Foto - Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan memimpin rapat lintas sektor di Ruang Rapat Bupati Bekasi pada Jumat (20/10/2023).

A   A   A   Pengaturan Font

“Kami mempersiapkan diri menghadapi bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, dan angin kencang."

BEKASI - Langkah-langkah mitigasi dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam rangka mengantisipasi potensi bencana alam saat musim hujan. "Kami mempersiapkan diri menghadapi bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, dan angin kencang," kata Bupati Bekasi, Dani Ramdan, di Cikarang, Jumat.

Dia mengatakan bahwa pemerintah daerahmenyiapkan personel dan logistik keperluan pencegahan serta penanggulangan bencana alam saat musim penghujan. "Semua harus sudah dipersiapkan dari sekarang, termasuk mitigasi yang dibutuhkan," katanya.

Menjelang musim hujan, Pemerintah Kabupaten Bekasi juga menjalankan langkah-langkah mitigasi seperti memperbaiki saluran sekunder, drainase, dan gorong-gorong. Juga menormalisasi sungai untuk memastikan aliran air lancar. "Normalisasi kali juga kita lakukan agar aliran air lancar saat musim hujan," tandas Dani.

Bupati mengimbau masyarakat menjaga kebersihan lingkungan. Sedangkan jajaran aparat pemerintah kecamatan hingga desa diminta menggerakkan warga untuk membersihkan saluran-saluran air. "Pastikan seluruh saluran air di wilayah rawan banjir lancar. Jangan ada sampah menyumbat saluran air. Ini butuh kerja sama segenap lapisan masyarakat," ujar Dani.

Sedangkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, juga sudah memitigasi banjir. Ini mencakup antisipasi risiko menjelang musim hujan untuk meminimalkan bencana. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD, Dodi Supriadi, menuturkan beberapa wilayah masuk kategori rentan banjir karena luapan air sungai dan curah hujan. Dia juga telah memastikan pompa air dapat beroperasi maksimal di beberapa titik rentan terjadi luapan air.


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top