Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Korsel Sambut Baik Pengadopsian Resolusi PBB Tentang HAM Korut

Foto : YONHAP News
A   A   A   Pengaturan Font

PBB kembali mengadopsi resolusi tentang HAM Korut di Sidang Umum PBB

SEOUL - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) menyambut baik pengadopsian resolusi tentang hak asasi manusia (HAM) Korea Utara (Korut) di Sidang Umum PBB selama 19 tahun berturut-turut.

Juru bicara senior Kementerian Luar Negeri Korsel dalam pengarahan media Kamis (21/12) menerangkan bahwa resolusi kali ini dengan keras mendesak sejumlah anggota PBB untuk menuruti prinsip larangan pengiriman paksa terhadap pembelot Korut di negara ketiga, dan juga mendesak pihak bersangkutan memenuhi kewajibannya untuk mencegah hal yang berkaitan dengan pengiriman paksa pembelot Korut.

Dilanjutkan, bahwa resolusi terakhir memperkuat atau mengandung hal-hal baru yang berkaitan antara HAM Korut dengan perdamaian internasional, korban penculikan, tahanan, dan tahanan militer Korsel, serta hak penduduk Korut untuk mencari informasi.

"Pemerintah Korsel telah berpartisipasi aktif dalam proses konsultasi mengenai teks resolusi HAM Korut ini, dan akan terus melakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran internasional mengenai masalah HAM Korut, termasuk perlindungan terhadap pembelot Korut," ungkap jubir itu.

Sebelumnya PBB mengadakan Sidang Umum ke-50 di Markas Besar di New York, AS, pada Selasa (19/12) waktu setempat, dan mengadopsi resolusi HAM Korut melalui konsensus dan kesepakatan dengan suara bulat tanpa pemungutan suara.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Ilham Sudrajat, Berbagai Sumber

Komentar

Komentar
()

Top