Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Ketua DPR Puan Maharani Dorong Pemerintah Bantu UMKM

Foto : ANTARA/HO-DPR RI

Ketua DPR Puan Maharani saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (1/2/2024).

A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong pemerintah untuk memastikan bantuan permodalan, pembinaan, dan pemasaran kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"DPR RI akan terus mendorong Pemerintah untuk memastikan bantuan permodalan, pembinaan, dan pemasaran kepada UMKM," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Hal itu disampaikan Puan saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Saat meninjau sentra UMKM, Puan memborong sejumlah produk, di antaranya adalah sepeda listrik buatan anak muda setempat.

Puan pun tampak kagum dengan produk sepeda listrik atau e-Bike brand lokal yang merupakan hasil karya anak muda Purbalingga. Ia sempat menjajal menaiki sepeda listrik dan membeli dua unit e-Bike brand lokal tersebut.

"UMKM harus mulai digencarkan promosinya di medsos untuk memperluas pangsa pasar," pesannya.

Puan datang ke sentra UMKM Purbalingga, D'Las Lembah Asri Serang yang terpadu di dalam sebuah pendopo pada Kamis (1/2/2024). D'Las sendiri kepanjangan dari Lembah Asri Serang yang berada di desa wisata Goa Lawa, tepatnya di Kecamatan Karangreja. Di lokasi ini terdapat belasan UMKM yang menjual berbagai produk, termasuk produk-produk khas Purbalingga.

Kedatangan Puan disambut hangat oleh para pedagang dan pengunjung D'Las Lembah Asri Serang. Bahkan Puan yang didampingi oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dan sejumlah anggota DPR RI itu diberi syal kain ecoprint sebagai ucapan selamat datang dari salah seorang pedagang.

"Saya melihat banyak produk UMKM Purbalingga yang potensial, jadi kalau bisa terus didorong untuk berkembang," kata Puan.

Saat berkeliling melihat produk-produk unggulan UMKM di D'Las Lembah Asri Serang, perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu memang dibuat terkesan. Puan melihat sejumlah stan seperti UMKM ecoprint, batik Wastra Lingga, kerajinan kayu, jajanan khas Purbalingga, hingga knalpot.

Selain sepeda listrik, Puan juga memborong sejumlah produk UMKM di D'Las Lembah Asri. Mulai dari baju cap ecoprint, batik ciprat, batik tulis, aneka snack dan camilan seperti manisan nanas madu, kerajinan kayu, sampai bulu mata buatan Purbalingga.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top