Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Strategi Pembangunan I Pemerintah Harus Prioritaskan Ketersediaan Pangan

Inflasi Jadi Tantangan Ekonomi Indonesia pada Tahun 2024

Foto : Sumber: BPS - KJ/ONES/AND
A   A   A   Pengaturan Font

» Banyak tantangan pelik yang dihadapi ekonomi nasional di 2024, salah satunya inflasi yang dipicu kenaikan harga pangan di tingkat global.

JAKARTA - Ada banyak tantangan pelik yang dihadapi ekonomi nasional di tahun 2024. Tiga persoalan terpenting adalah inflasi yang dipicu kenaikan harga pangan di tingkat global, melambatnya pertumbuhan ekonomi Tiongkok, dan kebijakan ekonomi AS khususnya dari the Fed.

"Kenaikan harga pangan dapat memberikan dampak langsung ke ekonomi nasional, baik dari sisi inflasi maupun kesejahteraan masyarakat menengah dan bawah," kata ekonom Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Aloysius Gunadi Brata, kepada Koran Jakarta, Senin (1/1).

Aloysius mengatakan upaya-upaya jangka pendek untuk memastikan ketersediaan dan keterjangkauan pangan perlu menjadi prioritas.

"Perlu kepastian redistribusi komoditas pangan antardaerah. Artinya, pemerintah perlu untuk memiliki data dan informasi yang baik mengenai produksi pangan di sentra-sentra beras terutama, dan tingkat kebutuhan pangan di daerah-daerah lain. Tentu perlu pula disertai peningkatan kapasitas logistik nasional," kata Aloysius.

Aloysius menekankan inflasi di awal tahun 2024 dapat menjadi salah satu tantangan krusial bagi perekonomian nasional. Penyebab utama yang memacu kenaikan tingkat inflasi adalah lonjakan harga pangan dan energi, dua komponen yang memiliki dampak signifikan terhadap struktur biaya dan pola konsumsi masyarakat.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini, Selocahyo Basoeki Utomo S, Eko S

Komentar

Komentar
()

Top