Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Kebijakan Pemerintah

Gencarkan Perluasan Areal Tanam untuk Antisipasi Kekeringan

Foto : ISTIMEWA

Kementerian Pertanian (Kementan)

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggencarkan program perluasan areal tanam melalui pompanisasi sebagai solusi cepat dalam mengantisipasi kekeringan panjang. Pompanisasi perlu dipercepat mengingat saat ini Indonesia fokus peningkatan produksi di seluruh Indonesia.

"Yang pasti kami telah mengalokasikan anggaran baik melaluirefocusingmaupun anggaran biaya tambahan untuk kegiatan irigasi perpompaan, irigasi perpipaan, dan perpompaan untuk mendukung peningkatan perluasan areal tanam," kata Sekretaris Jenderal Kementan, Prihasto Setyanto, dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (6/7).

Seperti dikutip dari Antara, Prihasto menyampaikan dalam dalam upaya tersebut pihaknya juga menggandeng berbagai pihak, di antaranya dilakukan bersama jajaran TNI di Desa Dlangu, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Saat ini, lanjut Prihasto, pemerintah tengah berupaya memberikan bantuan bahan bakar pompa guna mempercepat produksi serta mendorong terjadinya peningkatan areal tanam secara tepat. Meski begitu, dia meminta agar program tersebut mendapat masukan langsung dari para petani setempat.

"Kepada petani maupun pemerintah daerah silakan mengusulkan pompa jika ada potensi penambahan areal tanam dengan memanfaatkan pengairan bersumber dari sungai. Saya mengajak, mari optimalkan air sungai untuk tanaman pangan dan jangan dibuang ke laut," katanya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top