Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Fintech Diharapkan Bantu Mempercepat Digitalisasi UMKM

Foto : Istimewa

Ilustrasi Fintech

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menilai keberadaan teknologi berbasis finansial (fintech) yang makin pesat dapat membantu percepatan proses digitalisasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Asisten Deputi Ekonomi Digital Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rizal Edwin Manansang dalam diskusi di Jakarta, Kamis, mengatakan kolaborasi fintech dengan pelaku UMKM tersebut dapat memberikan kesempatan berupa pasar yang lebih luas.

Selain itu, ia menambahkan keberadaan fintech tersebut juga dapat memberikan alternatif pembiayaan maupun solusi keuangan lainnya bagi UMKM yang selama ini belum tersentuh layanan perbankan.

"Tentu, hal ini tidak mudah. Peningkatan literasi masyarakat akan solusi keuangan digital adalah pekerjaan rumah kita bersama-sama," kata Edwin.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM telah menyentuh angka 64,2 juta pada 2018 atau setara 99,99 persen dari jumlah pelaku usaha di Indonesia secara keseluruhan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top