Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Filipina Kembali Tuduh Kapal Tiongkok Lakukan Tindakan 'Berbahaya'

Foto : AFP/Ted ALJIBE

Kapal-kapal Tiongkok membayangi kapal Filipina yang sedang mengantarkan makanan dan bahan bakar kepada nelayan Filipina agar mereka dapat menghabiskan waktu lebih lama di laut dan menangkap lebih banyak ikan.

A   A   A   Pengaturan Font

LAUT CINA SELATAN - Filipina pada Sabtu (17/2) menuduh kapal penjaga pantai Tiongkok melakukan manuver yang "berbahaya" setelah mereka berulang kali memblokir kapal Filipina yang mengirimkan pasokan ke nelayan di terumbu karang di lepas pantai negara Asia Tenggara itu.

Insiden tersebut terjadi di dekat Scarborough Shoal yang dikuasai Tiongkok pada Kamis (15/2) dan Jumat (16/2), beberapa hari setelah Penjaga Pantai Filipina melontarkan tuduhan serupa terhadap kapal Tiongkok di wilayah yang sama.

Scarborough Shoal - rangkaian karang dan bebatuan berbentuk segitiga di Laut Tiongkok Selatan yang disengketakan - telah menjadi titik konflik antara kedua negara sejak Tiongkok merebutnya dari Filipina pada 2012.

Sejak itu, Beijing mengerahkan kapal patroli yang menurut Manila mengganggu kapal-kapal Filipina dan mencegah nelayan Filipina mencapai laguna yang ikannya lebih banyak.

Dalam insiden terbaru, sebuah kapal angkatan laut Tiongkok, kapal Penjaga Pantai Tiongkok, dan kapal Tiongkok lainnya membayangi sebuah kapal Filipina milik Biro Perikanan dan Sumber Daya Perairan yang membawa makanan dan bahan bakar untuk para nelayan Filipina, sehingga memungkinkan mereka menghabiskan lebih banyak waktu di laut dan mengejar tangkapan yang lebih besar.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top