Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Dispar Kaltim petakan SDM pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah

Foto : ANTARA/HO-Dok Siennaresort Maratua

Pemandangan resort di Pulau Maratua, salah satu objek wisata andalan Kalimantan Timur.

A   A   A   Pengaturan Font

"Hal itu untuk menyelaraskan program kerja dan kegiatan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)."

Samarinda -- Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mempertajam pemetaan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di 10 kabupaten/kota di wilayahnya.

"Hal itu untukmenyelaraskan program kerja dan kegiatan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Ririn Sari Dewi, di Samarinda, Senin.

Menurut Ririn, setiap kabupaten/kota memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam pengembangan SDM parekraf. Misalnya, Balikpapan dan Penajam Paser Utara (PPU) membutuhkan pemandu wisata, sedangkan Kutai Barat membutuhkan pelatihan pengelolaan travel dan sebagainya.

Dispar Kaltim telah menggelar diskusi kelompok terarah (FGD) dengan tema "Bersinergi Membangun Nusantara Melalui Peningkatan Daya Saing Parekraf di Kaltim".

"Di satu sisi, Kemenparekraf di bidang SDM memiliki dana untuk peningkatan kapasitas pengelola pariwisata yang bisa digunakan kabupaten/kota atau mitranya," katanya pula.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : -
Penulis : Antara, Sujar

Komentar

Komentar
()

Top